Our social:

Jumat, 30 Desember 2016

Wisata di Kota Zurich Kota Terbesar Eropa

Kota Zurich, Kota Terbesar Eropa
Kota Zurich yang berada di tepi danau Zurich ini termasuk kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Tak heran, sebab Zurich adalah salah satu kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Dibandingkan dengan Berlin, Paris, Hamburg, Amsterdam dan Bruessel, kota terbesar di Swiss berpenduduk sekitar 365 ribu jiwa ini tak terlalu besar, namun dia memiliki keunikan ala mediteran. Max Frisch (1911-1991), arsitek terkenal kelahiran Zurich menyebutnya sebagai kleintropolis atau metropolis kecil.

Di luar negeri, kota ini sangat terkenal karena bank-bank besarnya. Sebagai kota wisata di Swiss, Zurich menawarkan banyak hal. Gedung-gedung bersejarah, museum, gereja-gereja berarsitektur
unik, tempat-tempat belanja nan eksklusif, taman-taman kota, serta kawasan perairan yang ditata dengan apik. Tak kurang dua puluh lima juta turis harian mengunjungi Zurich setiap tahunnya.


Lokasi Zurick ada di barat laut negara Swiss, dengan menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resminya. Kota ini berada di jantung Eropa, dan dapat dengan mudah dicapai dengan menggunakan transportasi mobil, kereta api, dan pesawat terbang dari kota-kota terdekat seperti Jerman, Perancis dan Italia.

Transportasi umum di kota Zurich pun tidak lah sulit. Sehingga memudahkan para turis untuk berkunjung ke obyek-obyek wisata di kota ini. Alternatif yang tersedia seperti menggunakan Zurichcard, yang merupakan tiket angkutan umum yang dapat berlaku sebagai tiket masuk museum di kota ini. Hal itu memberikan kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Seiring dengan perkembangan zaman, Zurich menjadi pusat budaya dan bisnis. Sebagai kota budaya, Zurich memiliki lebih dari 50 museum, 27 perpustakaan, dan lebih dari 100 galeri seni, serta institusi budaya seperti gedung opera, theater, dan pusat konser yang menghasilkan karya seni baik klasik maupun modern.

Bukti tertua berdirinya Kota Zurich bertahun 929 masehi. Tahun 1351, Zurich bergabung dengan Konfederasi Swiss. Di tahun 1519, di bawah pimpinan Huldrych Zwingli, Zurich menjadi pusat gerakan Reformasi Swiss. Gerakan ini bersamaan dengan gerakan pembaharuan yang dipimpin Martin Luther di Jerman.

Tempat-tempat menarik di Zurich

Ada banyak tempat-tempat menarik di Zurich yang bisa dikunjungi, yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Altstadt. Tempat ini biasanya dimulai dari bahnhofstrasse, sebuah kawasan pejalan kaki yang terletak di depan stasiun utama kereta api kota Zurich. Bangunan stasiun ini sendiri merupakan bangunan tua yang indah dan gaya neo-renaissance yang dilengkapi dengan dekorasi yang menarik.

Di bagian bawah tanah stasiun ini dipergunakan sebagai tempat perbelanjaan dan kafe. Tepat di depan bangunan ini berdiri patung Alfred Escher (1819 – 1892), pendiri Schweizeriscehn Kreditanstalt atau Lembaga Kredit Swiss pada tahun 1856. Bahnofstrasse merupakan wilayah perbelanjaan utama, yang terdiri dari banyak rumah mode, butik seperti Prada, Rolex dan lain sebagainya.

Sebagai pusat belanja, Zurich terkenal dengan butik-butik bertaraf internasional dan aksesori eksklusif, hingga toko-toko barang antik. Banyak pula toko penyedia barang-barang istimewa yang didatangkan dari seluruh dunia. Tempat belanja ini tersebar di pusat kota, yaitu Bahnhofstrasse, Niederdorf hingga pusat pengrajin di Schipfe.


Tempat lain yang juga menjadi sasaran turis adalah Oberdorf dan Niederdorf. Kawasan ini dipenuhi dengan restoran dan cafe, toko serta penginapan kecil. Gereja-gereja tua dan bangunan tua bersejarah lainnya juga memenuhi kota Zurich. Seperti gereja Fraumuenster, Grossmuenster, dan Wasserkirche. Balai kota Zurich yang dibangun diatas sungai Limmat pun tak kalah menariknya. Selain itu tak lengkap bila tidak mengunjungi Danau Zurich ataupun sungai Limmat, dengan menggunakan taksi air.

Chinagarten juga menjadi salah satu tempat unik yang patut di kunjungi, dengan dilengkapi dengan bangunan berarsitektur China, tempat ini merupakan hadiah kota Kunming, China bagi pemerintah kota Zurich di tahun 1993. Gunung Uetliberg menjadi tempat dimana kita bisa melihat pemandangan kota Zurich dari ketinggian, ataupun juga dapat dilihat melalui puncak bukit Dolder dan Rigiblick.

Keduanya dapat dicapai dengan kendaraan khusus, sebuah gerbong yang digerakkan dengan bantuan tali besi. Dari sana, Kota Zurich terlihat dengan latar pegunungan yang sebagian masih tertutup salju. Yang pasti, Zurich merupakan kota yang sangat friendly bagi wisatawan. Penduduknya ramah. Banyak di antara mereka bisa berbahasa Inggris dengan baik. Angkutan umumnya menjangkau hampir seluruh bagian kota. Kotanya sangat bersih dan terawat. Nah jika anda memiliki banyak waktu untuk berlibur, jadwalkan kota ini sebagai tujuan wisata anda.

0 komentar:

Posting Komentar